top of page

Pecah Rekor Peserta Terbanyak, 1.000 UMKM Lokal Pekanbaru Ikuti KADIN Business Class

Unik Susanti

14 Agu 2023

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Lebih dari 1.000 pelaku UMKM Lokal Pekanbaru memenuhi Grand Elite Hotel, pada acara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Business Class yang diadakan bertepatan pada Hari UMKM Nasional pada Sabtu (12/8/2023) lalu.


Pencapaian ini bukan hanya sekedar angka, melainkan juga sebagai gambaran kuatnya komitmen dan menegaskan peran KADIN Pekanbaru dalam memberdayakan UMKM Lokal serta menunjukkan semangat kewirausahaan dalam komunitas UMKM Pekanbaru. Ini juga menjadi bukti nyata bahwa KADIN Pekanbaru adalah tempat yang inklusif dan mendukung bagi pertumbuhan UMKM lokal.


KADIN Business Class kali ini memfokuskan pada tema yang relevan "Literasi Digital & Literasi Bisnis: Kebermanfaatan Pengusaha untuk Pekanbaru Bagus". Acara ini memberikan platform untuk memperdalam pemahaman tentang literasi digital dan literasi bisnis, menawarkan wawasan tentang bagaimana kedua aspek ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan bisnis dan ekonomi lokal.


KADIN Business Class diisi oleh pakar industri yaitu Rizky Ameliah selaku Koordinator Literasi Digital untuk Masyarakat Kementerian KOMINFO, Darma Alam Damanik, S. Kom, M. Eng selaku Kepala Bidang Infrastruktur SPBE Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, dan Rizky Bagus Oka selaku Ketua KADIN Pekanbaru.


Inisiatif ini menjelaskan tekad KADIN untuk tidak hanya menjadi pusat kegiatan, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran bagi para pemimpin bisnis masa depan

"Acara ini juga menjadi panggung bagi semangat kewirausahaan melalui Bazar UMKM Lokal. Dalam bazar ini, pelaku UMKM lokal memamerkan produk-produk yang mencerminkan identitas budaya lokal," ujar Rizky Bagus Oka selaku Ketua KADIN Pekanbaru, Senin (15/8/2023).

Ia mengatakan bazar ini menggambarkan betapa pentingnya UMKM dalam menciptakan kreativitas dan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan. Bazar ini diharapkan bisa menjadi panggung inspirasi bagi UMKM, serta promosi.

"Kami berharap bahwa melalui acara ini, UMKM lokal dapat terus tumbuh dan berkontribusi besar dalam perekonomian. Pebisnis lokal juga semakin siap menghadapi tantangan digitalisasi kedepannya," Cakapnya.

Bagus Oka juga menginginkan Ekonomi Kreatif mejadi hal yang lebih dihargai di Kota Pekanbaru serta menumbuhkan SDM yang lebih maju lagi.

"Kami berkomitmen untuk terus bergerak inklusif, kolaboratif, dan progresif, mendorong terwujudnya Pekanbaru yang lebih bagus. Baguskan UMKM, Baguskan Pekanbaru, Baguskan Negeri," pungkasnya.

bottom of page